Rabu, 22 Mei 2013

RPP Sprechfertigkeit_Mikro


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                    : SMA Negeri 2 Klaten
Mata Pelajaran             : Bahasa Jerman
Tema                           : Sich Vorstellen
Pertemuan ke-              : 1
Keterampilan               : Sprechfertigkeit
Kelas/semester             : X/1
Alokasi waktu              : 15 Menit
I.                   Standar Kompetensi :
Menceritakan identitas diri (perkenalan) dan mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana dengan bahasa Jerman dengan tepat.
II.                Kompetensi Dasar :
§  Mengetahui cara memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jerman.
§  Mengungkapkan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dan nyaring dalam kalimat sederhana.
III.             Indikator :
§  Menceritakan identitas diri dan menyebutkan ujaran-ujaran dengan intonasi dan lafal yang tepat dalam bahasa Jerman.
§  Menyampaikan informasi sederhana sesuai dengan konteks.
IV.              Tujuan Pembelajaran :
§  Siswa dapat menceritakan identitas diri dan menyebutkan ujaran-ujaran dengan intonasi dan lafal yang tepat dalam bahasa Jerman.
§  Siswa dapat menyampaikan informasi sederhana sesuai dengan konteks.
V.                 Materi Pembelajaran :
Hardjono, dkk. 1993. Kontakte Deutsch1. Jakarta : Katalis halaman 2-6
Menceritakan atau memperkenalkan diri dan berdialog dengan menggunakan bahasa Jerman.
VI.              Metode Pembelajaran :
Diskusi, cerita, tanya-jawab, demonstrasi, tugas.
VII.           Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Pendahuluan (Einführung)
·         Guru membuka KBM dengan memberi salam “Assalamu’alaikum wr.wb”
“Guten Morgen!”
·         Menanyakan kabar siswa Wie geht es Ihnen?
·         Menjawab pertanyaan siswa, Es geht mir auch gut, danke !
·         Memberikan apersepsi kepada siswa dengan menanyakan nama lengkap atau nama panggilan, asal,  tempat tinggal dan sedikit tentang Jerman.
Kalian tahu Phillip Lham?”
Dia sebagai pemain apa?” “Berasal dari klub mana?”
Kalau dia datang ke
Indonesia, apa yang kalian lakukan?”
“Sebelum foto bersama, kalian harus berkenalan terlebih dahulu.”

·         Siswa menjawab salam Wa’ alaikumsalam wr. wb. dan Guten Morgen

·         Siswa menjawab kabar Gut, danke ! und Ihnen?
·         Menyimak guru


·         Memperhatikan dan menjawab. Iya tahu.


Pemain sepak bola. Klub Bayern München. Ingin foto bersama.
Bagaimana cara berkenalan?
Siswa menjawab pertanyaan guru.



3 menit
Kegiatan Inti (Inhalt)
·         Memberikan demonstrasi perkenalan diri.
“Mein Name ist Sabila”.
“Wer ist dein Name?” (menunjuk salah satu siswa). Apabila belum menjawab diulangi sekali lagi “Mein Name ist Sabila”. “Wie ist dein Name?”. Bertanya ke siswa yang lain.
“Seperti itulah cara menyebutkan nama dan bertanya nama. Sekarang saya menjelaskan saya berasal dari daerah mana.”
“Ich komme aus Yogyakarta”.
“Woher kommst du?” (Menunjuk salah seorang siswa dan apabila belum menjawab, di ulangi sekali lagi).
“Selain daerah asal, tempat tinggal juga penting dalam memperkenalkan diri.”
“Ich wohne in Timoho Asri”.
“Wo wohnst du?”
(Menunjuk salah seorang siswa dan apabila belum menjawab, di
ulangi sekali lagi).
“Pekerjaan kita juga penting dalam perkenalan diri”.
“Ich bin Schüler/Schülerin”. (Schüler untuk anak laki-laki, kalau Schülerin untuk anak perempuan).
“Was machst du?” (Menunjuk salah seorang siswa dan apabila belum menjawab, di ulangi sekali lagi).
“Sampai disini ada yang di tanyakan?”
·         Membagikan foto seseorang dan di bawah foto sudah ada keterangan nama, asal, tempat tingga dan seorang siswa.
“Saya membagikan foto seseorang dan kalian memperkenalkan diri sesuai dengan foto dan keterangan yang kalian dapatkan.”
·         Memberikan waktu kepada siswa untuk menyusun kalimat perkenalan diri.

·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kembali jika masih ada yang belum jelas. “Ada yang belum jelas atau belum di mengerti?”

·         Menyimak guru dan menjawab pertanyaan guru.
Mengulangi demonstrasi yang diujarkan guru. Mein Name ist Sabila.
Siswa menjawab pertanyaan guru. Mein Name ist Dhella.
Siswa menjawab pertanyaan guru. Ich komme aus Yogyakarta.
Siswa menjawab pertanyaan guru. Ich wohne in Karangmalang.
Siswa menjawab pertanyaan guru. Ich bin Schüler/Schülerin.
























·         Menerima foto dan mengamati.







·         Menyusun kalimat perkenalan diri sesuai dengan informasi yang didapat.


















9 menit
Penutup (Schluβ)
·         Guru mengevaluasi dengan cara meminta kepada salah seorang siswa untuk memperkenalkan diri ke depan kelas sesuai dengan foto yang diperoleh.
“Siska, tolong maju ke depan kelas dan perkenalkan diri sesuai foto yang kamu terima.”
·         Guru menyimak dan memperhatikan sekaligus membenarkan apabila ada yang salah, atau siswa juga bisa membernarkan.
“Anak-anak apakah ada yang salah?”
“Bagus, sekarang kamu boleh duduk kembali.”
·         Guru mereview inti materi pelajaran yang telah disampaikan dan menyimpulkannya bersama-sama dengan siswa, yaitu tentang Sich Vorstellen. “Dalam Bahasa Jerman, selain Mein Name ist Sabila, perkenalan diri juga bisa menggunakan Ich bin Sabila atau Ich heiβe Sabila, yang ini akan dipelajari minggu depan. Aufwiedersehen.”
·         Mengucap salam penutup,
“Aufwiedersehen”


·         Siswa maju dan memperkenalkan diri sesuai dengan foto dan informasi yang diterima di depan kelas




·         Siswa menyimak dan memperhatikan temannya yang sedang perkenalan. “Tidak ada yang salah.”





·         Mendengarkan dan menyimak guru










·         Menjawab salam
“Aufwiedersehen”








3 menit


VIII.        Media dan Sumber Pembelajaran :
§  Media Pembelajaran :
a.       Alat tulis, Whiteboard,  Foto.
b.      Kontakte Deutsch 1, halaman  2
§  Sumber Pembelajaran:
Kontakte Deutsch 1

IX.              Evaluasi :
Siswa memperkenalkan diri sesuai foto dan keterangan yang sudah tersedia dengan menggunakan bahasa Jerman :
A                                                                                 B
images3.jpg                                         images4.jpg
Maria                                                                                                   Markus
Aus Berlin                                                                                           Aus Hannover
In Yogyakarta                                                                                      In Yogyakarta
Schülerin                                                                                             Schüler
A.     Mein Name ist Maria. Ich komme aus Berlin. Ich wohne in Yogyakarta. Ich bin Schülerin.
B.     Mein Name ist Markus. Ich komme aus Hannover. Ich wohne in Yogyakata. Ich bin Schüler.
Penilaian : pengamatan
            Aspek yang diperhatikan :
1.      Pelafalan                                  ( 20 poin)
2.      Tingkat pemahaman                ( 50 poin )
3.      Keaktifan di dalam kelas         ( 30 poin )
Jumlah nilai seluruhnya :                     100 poin
Kategori skor :
A         (100)                                        B-        (70)
A-        (90)                                          C+        (60)
B+        (85)                                          C          (55)
B          (80)                                          D         (50)



Yogyakarta, 15 Februari 2013
Dosen Pembimbing
Mahasiswa





Prof.Dr. Pratomo Widodo
NIP. 19610930 198703 1 004           





Sabila Khoiriyah
10203244010




Tidak ada komentar:

Posting Komentar