RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA
Negeri 2 Klaten
Mata Pelajaran : Bahasa
Jerman
Tema : Sich Vorstellen
Pertemuan
ke- : 1
Keterampilan : Sprechfertigkeit
Kelas/semester : X/1
Alokasi waktu : 15 Menit
I.
Standar
Kompetensi :
Menceritakan
identitas diri (perkenalan) dan
mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana
dengan bahasa Jerman dengan tepat.
II.
Kompetensi
Dasar :
§ Mengetahui cara
memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jerman.
§ Mengungkapkan
informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dan nyaring dalam kalimat
sederhana.
III.
Indikator
:
§
Menceritakan identitas diri dan menyebutkan
ujaran-ujaran dengan intonasi dan lafal yang tepat dalam bahasa Jerman.
§
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai dengan konteks.
IV.
Tujuan
Pembelajaran :
§
Siswa
dapat menceritakan identitas diri dan menyebutkan
ujaran-ujaran dengan intonasi dan lafal yang tepat dalam bahasa Jerman.
§ Siswa dapat menyampaikan
informasi sederhana sesuai dengan konteks.
V.
Materi
Pembelajaran :
Hardjono, dkk. 1993. Kontakte Deutsch1. Jakarta :
Katalis halaman 2-6
Menceritakan
atau memperkenalkan diri dan berdialog dengan menggunakan bahasa Jerman.
VI.
Metode
Pembelajaran :
Diskusi, cerita, tanya-jawab,
demonstrasi, tugas.
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Waktu
|
Pendahuluan (Einführung)
·
Guru
membuka KBM dengan memberi salam “Assalamu’alaikum wr.wb”
“Guten
Morgen!”
·
Menanyakan kabar siswa “Wie geht
es Ihnen?”
·
Menjawab pertanyaan siswa, “Es geht mir auch gut, danke !”
·
Memberikan apersepsi kepada siswa dengan menanyakan
nama lengkap atau nama panggilan, asal, tempat tinggal dan sedikit tentang Jerman.
“Kalian tahu Phillip Lham?”
“ Dia sebagai pemain apa?” “Berasal dari
klub mana?”
“Kalau dia datang ke
Indonesia, apa yang kalian
lakukan?”
“Sebelum foto bersama, kalian
harus berkenalan terlebih dahulu.”
|
·
Siswa
menjawab salam Wa’
alaikumsalam wr. wb. dan Guten
Morgen
·
Siswa menjawab
kabar Gut, danke ! und Ihnen?
·
Menyimak guru
·
Memperhatikan dan menjawab. Iya tahu.
Pemain sepak bola. Klub Bayern
München. Ingin foto bersama.
Bagaimana cara berkenalan?
Siswa
menjawab pertanyaan guru.
|
3
menit
|
Kegiatan Inti (Inhalt)
·
Memberikan demonstrasi perkenalan
diri.
“Mein Name ist Sabila”.
“Wer ist dein Name?” (menunjuk salah satu siswa).
Apabila belum menjawab diulangi sekali lagi “Mein Name ist Sabila”. “Wie ist dein Name?”. Bertanya ke siswa
yang lain.
“Seperti itulah cara
menyebutkan nama dan bertanya nama. Sekarang saya menjelaskan saya berasal
dari daerah mana.”
“Ich komme aus Yogyakarta”.
“Woher kommst du?” (Menunjuk
salah seorang siswa dan apabila belum menjawab, di ulangi sekali lagi).
“Selain daerah asal, tempat tinggal juga penting
dalam memperkenalkan diri.”
“Ich wohne in Timoho Asri”.
“Wo wohnst du?”
(Menunjuk
salah seorang siswa dan apabila belum menjawab, di
ulangi
sekali lagi).
“Pekerjaan kita juga penting dalam perkenalan
diri”.
“Ich bin Schüler/Schülerin”. (Schüler untuk anak
laki-laki, kalau Schülerin untuk anak perempuan).
“Was machst du?” (Menunjuk
salah seorang siswa dan apabila belum menjawab, di ulangi sekali lagi).
“Sampai disini ada yang di tanyakan?”
·
Membagikan foto seseorang dan di bawah foto sudah
ada keterangan nama, asal, tempat tingga dan seorang siswa.
“Saya membagikan foto seseorang dan kalian memperkenalkan
diri sesuai dengan foto dan keterangan yang kalian dapatkan.”
·
Memberikan waktu kepada siswa untuk menyusun kalimat
perkenalan diri.
·
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
kembali jika masih ada yang belum jelas. “Ada yang belum
jelas atau belum di mengerti?”
|
·
Menyimak guru dan
menjawab pertanyaan guru.
Mengulangi demonstrasi yang
diujarkan guru. Mein Name ist Sabila.
Siswa menjawab pertanyaan guru.
Mein Name ist Dhella.
Siswa menjawab pertanyaan guru.
Ich komme aus Yogyakarta.
Siswa menjawab pertanyaan guru.
Ich wohne in Karangmalang.
Siswa menjawab pertanyaan guru.
Ich
bin Schüler/Schülerin.
·
Menerima
foto dan mengamati.
·
Menyusun
kalimat perkenalan diri sesuai dengan informasi yang didapat.
|
9
menit
|
Penutup (Schluβ)
·
Guru mengevaluasi dengan
cara meminta kepada salah
seorang siswa untuk memperkenalkan
diri ke depan kelas
sesuai dengan foto yang diperoleh.
“Siska,
tolong maju ke depan kelas dan perkenalkan diri sesuai foto yang kamu
terima.”
·
Guru menyimak dan memperhatikan sekaligus
membenarkan apabila ada yang salah, atau siswa juga bisa membernarkan.
“Anak-anak apakah ada yang salah?”
“Bagus, sekarang kamu boleh duduk kembali.”
·
Guru mereview inti materi
pelajaran yang telah disampaikan dan menyimpulkannya bersama-sama dengan
siswa, yaitu tentang Sich Vorstellen. “Dalam Bahasa Jerman,
selain Mein Name ist Sabila, perkenalan diri juga bisa menggunakan Ich bin
Sabila atau Ich heiβe Sabila, yang ini akan dipelajari minggu depan.
Aufwiedersehen.”
·
Mengucap
salam penutup,
“Aufwiedersehen”
|
·
Siswa maju dan memperkenalkan
diri sesuai dengan foto dan informasi yang diterima di
depan kelas
·
Siswa
menyimak dan memperhatikan temannya yang sedang perkenalan. “Tidak ada yang salah.”
·
Mendengarkan dan menyimak guru
·
Menjawab salam
“Aufwiedersehen”
|
3 menit
|
VIII.
Media
dan Sumber Pembelajaran :
§
Media
Pembelajaran :
a. Alat tulis, Whiteboard,
Foto.
b. Kontakte
Deutsch 1, halaman 2
§
Sumber
Pembelajaran:
Kontakte
Deutsch 1
IX.
Evaluasi
:
Siswa memperkenalkan
diri sesuai foto
dan keterangan yang sudah tersedia dengan menggunakan bahasa
Jerman :
A B


Maria Markus
Aus
Berlin Aus
Hannover
In
Yogyakarta In
Yogyakarta
Schülerin Schüler
A.
Mein
Name ist Maria. Ich komme aus Berlin. Ich wohne in Yogyakarta. Ich bin
Schülerin.
B.
Mein
Name ist Markus. Ich komme aus Hannover. Ich wohne in Yogyakata. Ich bin Schüler.
Penilaian
: pengamatan
Aspek
yang diperhatikan :
1.
Pelafalan (
20 poin)
2.
Tingkat pemahaman (
50 poin )
3.
Keaktifan di dalam kelas ( 30 poin )
Jumlah
nilai seluruhnya : 100 poin
Kategori
skor :
A (100) B- (70)
A- (90) C+ (60)
B+ (85) C (55)
B (80) D (50)
Yogyakarta, 15
Februari 2013
Dosen
Pembimbing
|
Mahasiswa
|
Prof.Dr. Pratomo Widodo
NIP.
19610930 198703 1 004
|
Sabila
Khoiriyah
10203244010
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar