RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA Negeri 2 Klaten
Mata Pelajaran :
Bahasa Jerman
Tema :
die Uhr
Pertemuan ke- :
2
Keterampilan :
Strukturen und Wortshatz
Kelas/semester :
X/1
Alokasi waktu :
15 Menit
I.
Standar
Kompetensi
Memahami Bentuk kalimat dalam tentang jam dalam Bahasa
Jerman dalam bentuk Formel dan Informel.
II.
Kompetensi
Dasar
Siswa dapat memahami bentuk kalimat
tentang jam dalam bentuk Formel dan Informel dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari
–hari.
III.
Indikator
·
Siswa dapat memahami bentuk kalimat
Jam dalam Informel dan Formel.
·
Siswa dapat mengetahui perbedaan kalimat jam dalam bentuk Formel dan
Informel.
·
Siswa dapat
mengaplikasikan bentuk penggunaan jam dalam bentuk Formel dan Informel dalam
kehipan sehari – hari.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Agar siswa dapat memahami bentuk,mengetahui perbedaan, dan
mampu megaplikasikan penggunaan jam dalam bentuk Formel dan Informel dalam kehidupan sehari-hari
V.
Materi
Ajar
Buku
Kontakte Deutsch 1, hal. 117.
VI.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
VII.
Media
Pembelajaran
Papan
tulis, Buku Kontakte Deutsch 1 hal.117,
Alat tulis.
VIII. Bentuk dan Jenis
Latihan
·
Lisan
·
Tertulis
IX.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Guru
|
Siswa
|
Waktu
|
1.
|
Einführung
·
Mengucapkan salam
pembuka dan menanyakan kabar.
“Guten Morgen!”
“Wie geht es euch?”
·
Memberikan apersepsi tentang materi sebelum-sebelumnya yang pernah
diberikan, yaitu :
“Minggu
kemarin kita sudah mempelajari angka-angka. Coba kalian sebutkan angka 1
sampai 10 dalam bahasa Jerman.”
-
Tentang
angka
( eins, zwei, drei, vier dst...)
-
Menyuruh
seorang siswa untuk mengucapkan secara lisan Angka dalam bahasa Jerman dari 1
– 10 ( eins, zwei, drei, vier,fünf, sechs, neun, zehn )
·
Menjelaskan
kepada siswa, bahwa materi yang akan disampaikan hari ini adalah “saudara”
dari angka yaitu Jam. “Materi kita pada
hari ini masih berhubungan dengan angka.”
|
·
Menjawab
Guten
Morgen!
Gut, danke.
·
Memperhatikan
·
Mengerjakan
·
Memperhatikan
|
3
menit
|
2.
|
Inhalt
·
Menanyakan
kepada siswa pukul berapa masuk sekolah.
“Pukul
berapa kalian bangun tidur?”
“Kalian
masuk sekolah pukul berapa?”
“und jetzt
wie viel Uhr ist es?, dan sekarang pukul berapa?"
“Pukul
berapa kalian istirahat?”
·
Menjelaskan
kepada siswa, menyatakan jam dalam Bahasa Jerman.
“Dalam
Bahasa Jerman menyatakan jam bisa dalam
Formel dan Informel, seperti di Indonesia.”
“Pukul 05.00
dalam bahasa jerman fünf Uhr.”(Menulis di papan tulis)
“Pukul 07.00
itu sieben Uhr. Semuanya itu dalam bentuk Formel, untuk bentuk Informelnya
sama saja, tidak ada perbedaan.”
“Sampai
disini ada yang kurang jelas?”
“Selanjutnya
untuk yang pukul 07.30 dalam bentuk Formel yaitu (sambil menulis) sieben
Uhr dreiβig. Untuk yang Informel seperti dalam bahasa Indonesia yaitu
setengah delapan, halb acht.
“Sampai
disini ada yang kurang jelas?”
“Untuk 9.45
dalam bentuk Formel masih dibaca apa adanya neun Uhr fünfundvierzig.”
·
Setelah itu,
seorang siswa disuruh untuk menuliskan secara tepat jam dalam bentuk Formel
atau Informel Pada Contoh Jam yang tertera di papan tulis.
·
Mengoreksi
sekaligus mengevaluasi jawaban-jawaban siswa.
·
Dari jawaban
dan penjelasan yang sudah diberikan, siswa diminta untuk menyebutkan, apa
yang menjadi ciri-ciri bentuk jam Formel dan Informel.
|
·
Menjawab
pertanyaan guru.
“Pukul 05.00 Frau”
“Pukul 07.00”
“Pukul 07.30”
“Pukul 09.45”
·
Jelas Bu
Guru.
|
9 menit
|
3.
|
Schluβ
·
Menanyakan kepada
siswa, apakah ada materi yang belum jelas.
·
Menarik
kesimpulan bersama siswa, materi apa yang sudah dipelajari.
·
Menutup pelajaran dan
mengucapkan salam.
Auf Wiedersehen!
|
·
Menjawab
·
Memperhatikan
·
Menjawab
Auf
Wiedersehen!
|
2 menit
|
Yogyakarta,15 Maret 2013
Dosen
Pembimbing
|
Mahasiswa
|
Prof.Dr. Pratomo Widodo
NIP. 19610930 198703
1 004
|
Sabila Khoiriyah
10203244010
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar