Kamis, 29 November 2012

UAS Manajemen Pendidikan


Nama              : Sabila Khoiriyah
NIM                : 10203244010
Kelas               : I
Prodi               : Pendidikan Bahasa Jerman
Fakultas         : Fakultas Bahasa dan Seni

1.    Menurut sebuah hasil penelitian, salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia berasal dari factor kinerja guru. Uraikan pendapat saudara mengenai hasil penelitian tersebut bila dihubungkan dengan konteks factual dan berikan solusinya!

Jawab : Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya pengembangan kurikulum nasional dan lokal, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah, terutama di kota-kota, menunjukan peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan, namun sebagian lainnya masih memprihatinkan. Faktor pertama, kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional menggunakan pendekatan education fuunsi atau input-output analisis yang tidak dilaksanakan secara konsekuen. Faktor kedua, penyelenggaran pendidikan nasional dilakukan secara birokratik-sentralistik sehingga menempatkan sekolah sebagai penyelenggaraan pendidikan sangat tergantung pada keputusan birokrasi yang mempunyai jalur yang sangat panjang dan kadang-kadang kebijakan yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kondisi sekolah setempat. Faktor ketiga, peran serta warga sekolah khususnya guru dan pran serta masyarakat khususnya orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan selama ini sangat minim. Berbagai kenyataan tidak optimalnya mutu pendidikandipengaruhi oleh banyak faktor, ternyata sedikitnya ada tiga faktor yang menyebabkan mutu pendidikan tidak mengalami peningkatan secara merata yaitu : Lebih menitik beratkan input dan output dari pada proses. Sentralisasi Pendidikan. Kurangnya Peran serta Masyarakat. Oleh karena itu dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, ketiga faktor diatas harus dirubah dengan cara : Lebih menekankan Proses dalam pendidikan. Desentralisasi pendidikan Lebih meningkatkan peran serta masyarakat dalam pendidikan Dengan terjadinya perubahan diatas maka diharapkan mutu pendidikan akan dapat ditingkatkan.


2.    Jelaskan pandangan saudara tentang upaya yang hendaknya dilakukan sekolah, pemerintah dan masyarakat agar pengawasan akademik dan manajerial sekolah berjalan efektif dan efisien!

Jawab : Esensi supervisi manajerial adalah pemantauan dan pembinaan terhadap pengelolaan dan administrasi sekolah. Dengan demikian fokus supervisi ini ditujukan pada pelaksanaan bidang garapan manajemen sekolah, antara lain meliputi: (a) manajemen kurikulum dan pembelajaran, (b) kesiswaan, (c) sarana dan prasarana, (d) ketenagaan, (e) keuangan, (f) hubungan sekolah dengan masyarakat, dan (g) layanan khusus.  Secara rinci, tujuan supervisi akademik adalah sebagai berikut ini. Membantu guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran yang dicanangkan bagi murid-muridnya. Melalui supervisi akademik diharapkan kualitas akademik yang dilakukan oleh guru semakin meningkat. Pengembangan kemampuan dalam konteks ini janganlah ditafsirkan secara sempit, semata-mata ditekankan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengajar guru, melainkan juga pada peningkatan komitmen (commitment) atau kemauan (willingness) atau motivasi (motivation) guru, sebab dengan meningkatkan kemampuan dan motivasi kerja guru, kualitas pembelajaran akan meningkat. Supervisi akademik harus secara langsung mempengaruhi dan mengembangkan perilaku guru dalam mengelola proses pembelajaran. Inilah karakteristik esensial supervisi akademik. Sehubungan dengan ini, janganlah diasumsikan secara sempit, bahwa hanya ada satu cara terbaik yang bisa diaplikasikan dalam semua kegiatan pengembangan perilaku guru.



3.    Unsur karakteristik keberhasilan sekolah dapat ditinjau dari sisi (1) iklim sekolah, (2) kepemimpinan, (3) kurikulum, (4) pengambilan keputusan, (5) outcomes, (6) sumberdaya. Berikanlah ulasan saudara yang didukung dengan teori relevan tentang tiga dari enam faktor yang telah disebutkan tersebut.

Jawab : Makna kata “kepemimpinan” erat kaitannya dengan makna kata “memimpin”. Kata memimpin mengandung makna yaitu kemampuan untuk menggerakkan segala sumber yang ada pada suatu organisasi sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. . Peranan penting dalam kepemimpinan adalah upaya seseorang yang memainkan peran sebagai pemimpin guna mempengaruhi orang lain dalam organisasi/lembaga tertentu untuk mencapai tujuan. Menurut Wirawan, “mempengaruhi” adalah proses dimana orang yang mempengaruhi berusaha merubah sikap, perilaku, nilai-nilai, norma-norma, kepercayaan, pikiran, dan tujuan orang yang dipengaruhi secara sistematis . Berbeda dengan pendidikan yang terjadi dalam lingkungan keluarga berlangsung alamiah dan wajar serta disebut pendidikan informal. Sebaliknya, pendidikan di sekolah adalah pendidikan yang secara sengaja dirancang dan dilaksanakan dengan aturan-aturan yang ketat, seperti harus berjenjang dan berkesinambungan, sehingga disebut pendidikan formal. Sedangkan, pendidikan di lingkungan masyarakat tidak dipersyaratkan berjenjang dan berkesinambungan. Lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat adalah salah satu unsur pelaksana asas pendidikan seumur hidup. Pendidikan yang diberikan di lingkungan keluarga dan sekolah sangat terbatas, di masyarakatlah orang akan meneruskanya hingga akhir hidupnya. Segala pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh di lingkungan pendidikan keluarga dan di lingkungan sekolah akan dapat berkembang dan dirasakan manfaatnya dalam masyarakat.  Secara umum fungsi lingkungan pendidikan adalah membantu peserta didik dalam berinteraksi dengan berbagai lingkungan sekitarnya( fisik, sosial, dan budaya ), utamanya berbagai sumber daya pendidikan yang tersedia, agar dapat dicapai tujuan pendidikan yang optimal. Berdasarkan kurikiulum bagi penentu kebijakan dalam hal ini pemerintah agar dalam melakukan perubahan kebijakan tidak didasarkan pada perubahan struktural birokrasi pemerintahan (sehingga muncul istilah ganti menteri ganti kebijakan), tetapi hendaknya perubahan tersebut lebih didasarkan para kebutuhan sebagai hasil dari analisa terhadap perkembangan sosial dan ilmu pengetahuan serta didasarkan pada kajian yang mendalam tentang pendidikan itu sendiri untuk melihat lebih mendalam karakteristik kurikulum tersebut, kelemahan-kelemahannya dan upaya mencari alternatif pengembangan ke arah kurikulum berbasis kompetensi, sebab itu peneliti lain dapat mengembangkan kajian tentang kurikulum terutama tentang kurikulum berbasis kompetensi yang akhir-akhir ini sudah mulai diimplementasikan di beberapa lembaga pendidikan. Dalam pengembangan kurikulum juga harus memiliki tujuan yang jelas dan ketentuan-ketentuan yang menjadi syarat utama dalam pengembangan kurikulum tersebut sehingga meskipun dikembangkan sedemikian rupa tetapi tidak keluar dari koridor yang telah ditetapkan pihak pemerintahan pusat agar bisa mencapai tujuan pendidikan nasional dengan baik. Oleh karena itu, ada beberapa pemikir dan pemerhati pendidikan yang memberikan ide dengan membuat unsur-unsur atau prinsip-prinsip yang bisa dijadikan acuan atau pegangan dalam pengembangan kurikulum.


4.    Sebagai mahasiswa UNY yang kerap kali menggunakan SIAKAD, berikan ulasan saudara tentang system berbasis online yang sudah berjalan tersebut dari sisi:
a.    Relevansi informasi dengan kebutuhan saudara selaku mahasiswa
b.    Kehandalan system informasi akademik tersebut
c.    Kelemahan system informasi akademik
Kajilah aspek-aspek tersebut berdasarkan pengalamanan dadalam memanfaatkan SIAKAD beserta kajian teori tentang system informasi manajemen.

Jawab : Sejak semester pertama lalu saya mengetahui tentang Siakad. Sudah barang tentu dipikiran saya, siakad adalah teknologi mutakhir yang digunakan fakultas ini. Mungkin seperti jejaring sosial buatan pihak fakultas. Saya yang anak kemarin sore di fakultas ini berdecak kagum, karena di SMA dulu belum. Tidak sia-sia saya bersusah payah menembus dan menjadi bagian dari civitas academica-nya. siakad disebut para admin kampus adalah sistem administrasi penilaian dan poros dari segala jenis akademik mahasiswa dan dosen, serta karyawan kampus. Oleh karena itu, kita dijadikan semakin mudah dalam mengakses kepentingan akademis. Dengan tampilan portal situs yang sederhana dan tidak sulit, pengakses hanya tinggal mengetik username dan password (diberikan ketika resmi menjadi mahasiswa unlam) di beranda situs tanpa dipersulit dengan registrasi, yang akan langsung membawa user pada beranda khusus. Di dalamnya terdapat: Form Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, dan lain-lain. Rasanya sulit membayangkan keadaan siakad hari ini. Baru saja saya membuka kembali siakad, namun yang terjadi tidak bisa diakses. Saya berpikir posiitif, mungkin banyak yang menggunakan SIAKAD dan kesalahan koneksi.


5.    Situasi sekolah kebanyakan di Indonesia masih dihadapkan dengan keterbatasan sarana/prasarana. Berikan pandangan saudara tentang bagaimana cara untuk mengoptimalkan pemanfaatan sarana/prasarana yang tersedia di sekolah?

Jawab :  Sarana dan prasarana yang baik sangat membantu keberhasilan mutu pendidikan. Semakin lengkap dan dimanfaatkan secara optimal, sarana dan prasarana suatu sekolah tentu semakin mempermudah murid dan guru untuk mencapai target secara bersama-sama. Namun perlu diingat sarana dan prasarana yang baik harus diiringi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni (guru yang siap), karena sarana dan prasarana yang lengkap tidak akan bermanfaat apabila guru tidak siap atau tidak mampu mengoperasikan secara optimal. Keberadaan sarana dan prasarana yang baik menunjukan kemitraan yang serasi antara sekolah dan masyarakat (orang tua siswa), karena tanpa dukungan masyarakat sarana dan prasarana tidak akan terpenuhi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar